0

Seberapa Canggih Rem Baru Yamaha M1 Rossi?

BeritaSport24 – Sehari setelah balapan MotoGP Catalunya kemarin, seluruh pembalap yang juga diramaikan oleh pembalap penguji mereka masing-masing, melakukan tes resmi selama satu hari di sirkuit Catalunya.

Yamaha MotoGP menjadi salah satu pabrikan yang melakukan uji coba dengan banyak perangkat baru mereka, Phnqq.

Salah satu yang menjadi fokus utama adalah rem belakang.

Jika selama ini rem belakang dioperasikan dengan kaki kanan, Yamaha sekarang mulai mengembangkan sistem pengoperasian rem belakang dengan ibu jadi dan tuas mini dibawah kopling, dua cara baru yang mulai di jajal oleh Valentino Rossi.

Rem belakang yang dioperasikan dengan tangan bukan hal baru di MotoGP, karena sistem ini sudah biasa digunakan saat pembalap mengalami cedera kaki.

Tapi yang diuji Yamaha di Barcelona kemarin dengan sistem yang sudah ditingkatkan lagi.

Lalu mana yang lebih nyaman menurut Rossi, rem belakang dengan pengoperasian dengan tombol ibu jari atau tuas kecil di bawah kopling?

“Saya sudah menjajal rem ibu jari dan ‘rem scooter’, saya menguji keduanya.

“Itu sangat menarik dan tidak terlalu buruk. Anda hanya menggunakan tuas saat start sekarang, karena bagaimanapun start sangat penting,” ujar Rossi usai melakukan uji coba di Barcelona kemarin, sebagaimana dimuat Daily Star.

Untuk rem dengan tuas mini di bawah tuas kopling, menurut Rossi itu sedikit rumit karena ruang yang sempit.

“Masalanya adalah kurangnya ruang, karena di bagian atas ada tuas untuk kopling sementara di bagian bawah ada tuas untuk rem, jadi itu tidak mudah,” sambung rider Italia itu.

Rossi menyebut rem jembol sedikit lebih baik dan penggunaannya juga lebih sederhana.

“Rem dengan jempol sedikit lebih mudah, dan ini bisa menjadi rem pilihan di masa depan.

Karena jika pembalap bisa mengerem hanya dengan satu jari, itu akan sangat membantu dari sisi stabilitas di tikungan,” tambah Rossi menjelaskan.

Rekan setim Rossi, Maverick Vinales mengakhiri sesi tes resmi di Barcelona sebagai yang tercepat, sementara Rossi ada di posisi ke-14.

sumber: rungansport.com

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *